Rabu, 07 Januari 2015

CARA MENGGANTI FONT DI WINDOWS 7


Bosan, begitulah mungkin dari sebagian kita yang merasakan bekerja seharian di depan layar komputer. Salah satu untuk mengusir kebosanan adalah dengan cara bermain game, namun tentunya kebanyak pekerja di sebuah perusahaan tidak diperbolehkan melakukan hal semacam itu, mengganggu kinerja katanya. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengusir kebosanan?

Salah satunya adalah dengan modifikasi tampilan komputer kita. Bisa juga secara fisik, maupun secara tampilan layar atau perangkat lunak. Untuk memodifikasi tampilan luar misalnya saja, CPU dibuat unik dan semacamnya. Untuk tampilan dalam misalnya saja memodifikasi tampilan desktop, menggunakan theme, dan salah satunya yaitu mengganti font. Kebetulan yang dibahas disini adalah mengganti font windows 7, sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh denganwindows XP, dan windows 8. Kalau windows 8 malah hampir sama caranya.

Font default yang digunakan di windows 7 adalah font Segoe UI. Kita dapat menggantinya dengan berbagai font yang disediakan oleh sistem. Dengan mengganti font, kita tidak diharuskan terus menerus membaca jenis font yang sama. Ini sama saja dengan memodifikasi tampilanwindows 7 kita secara kecil-kecilan. Adapun untu memodifikasi secara besar-besaran salah satunya adalah mengganti theme.

Langsung saja, silakan disimak bagaimana cara mengganti font windows 7 secara mudah berikut ini,
  1. Masuk ke tampilan desktop.
  2. Klik kanan dan pilih menu Personalize.
  3. Kemduian pada jendela yang muncul, pilih menu Window color, dan kemudian klik menuAdvanced appearance settings..
  4. Kemudian kita akan menemukan sebuah jendela baru. Pada menu item pilih Icon pada pilihan Item. Kemudian pilih jenis font pada piliihan font.
  5. Klik OK atau Apply.
Menu ini akan mengganti sebagian besar font, namun tidak semuanya. Untuk mengganti semuafont, dapat dipilih pilihan item lain, yaitu yang tersedia adalah Active Title Bar, Icon, Inactive Title Bar, Menu, Message Box, Palette Title, Selected Items, dan ToolTip. Ubah semua font dan kemudian dapat dilihat perubahan yang terjadi.


Setelah tampilan font diganti, tentunya komputer akan terlihat sedikit lebih segar dengan tampilan baru. Kalau diistilahkan "Tidak Mainstream". Untuk dapat cobalah mempelajari bagaimana mendesain tampilan komputer, salah satunya dengan menggunakan aplikasi gratis rainmeter

Namun perlu diingat bahwa memodifikasi komputer artinya komputer siap dibebani dengan tampilan dan grafis yang tinggi. Itu berkaitan erat dengan seberapa hebat kinerja komputer kita dalam menjalankan aplikasi-aplikasi besar, misalnya adobe photoshop, corel draw, dan yang lainnya. Adapun hardware setidaknya harus memenuhi agar komputer tidak kelebihan beban dan malah membuat kinerjanya semakin lambat. Memodifikasi tampilan itu perlu pertimbangan.

Sekian mengenai cara mengganti font windows 7, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

               ----SOLIHIN----
----PURUK CAHU SEBRANG----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar